E- commerce merupakan kegiatan penjualan serta pembelian benda ataupun jasa lewat sarana internet[6]. Dalam kegiatan ecommerce sebetulnya memiliki arti terdapatnya ikatan antara penjual serta pembeli, transaksi antar pelakon bisnis, serta proses internal yang menunjang transaksi dengan industri[6]. E- commerce sudah merubah metode industri dalam melaksanakan bisnis[6]. Oleh sebab itu, saat ini telah banyak digital agency yang menawarkan jasa pembuatan company profile buat menolong mempromosikan industri secara digital. Salah satu contoh e- commerce merupakan online shopping[8]. Online shopping membagikan kemudahan dalam jual- beli benda maupun jasa[8]. Tidak hanya menawarkan bermacam berbagai benda ataupun jasa yang dijual secara lengkap, waktu yang digunakan buat proses transaksi bisa lebih pendek serta murah, sebab pembeli tidak butuh jauh- jauh berangkat ketempat penjual[8]. Budiardjo serta Irwiensyah( 2008) melaksanakan analisis fitur CRM buat memperoleh fitur CRM yang pas dengan