Knowledge Management( Km) didefinisikan sebagai proses yang dibutuhkan buat menciptakan( generate), menangkap( capture), melakukan kodifikasi( codify), dan memindahkan( transfer) pengetahuan dalam sesuatu organisasi, biar organisasi tersebut dapat menggapai keuntungan kompetitif[4]. Customer Relationship Management( CRM) yakni perpaduan antara 3 aspek yang silih berkaitan[5]. Terdapat pula tiap- masing- masing aspek dapat dipaparkan sebagai berikut: a). Customer, dapat diartikan sebagai pengguna layanan barang dan jasa dari suatu organisasi bisnis yang menghasilkan profit( manfaat) buat organisasi tersebut. b).
Relation, yakni jalinan antara customer dengan organisasi bisnis yang dapat berupa komunikasi maupun interaksi dan dapat terjalin dalam jangka pendek, jangka panjang, secara terusmenerus maupun hanya sekali. Biasanya customer yang melakukan secara berulang apabila telah memiliki rasa percaya/ puas terhadap bentuk pelayanan suatu organisasi. c).
Management, segala jenis informasi/ data yang diperoleh dari customer memunculkan organisasi bisnis dapat memetakan gimana perilaku dan kerutinan dari pelanggan, sehingga dapat digunakan sebagai nilai tambah buat industri, buat tingkatkan pelayanan serta bersaing dengan kompetitor. Oleh karena itu, dikala ini sudah banyak digital agency yang menawarkan jasa pembuatan company profile buat membantu mempromosikan industri secara digital.
Customer Knowledge Management mengenakan Km buat mendukung pertukaran pengetahuan pelanggan dalam suatu organisasi dan antara organisasi dengan pelanggan, kebalikannya CRM digunakan buat mengelola jalinan dengan pelanggan[3]. CKM digunakan sebagai kelanjutan proses menghasilkan, menyebarkan, dan mengenakan pengetahuan pelanggan dalam suatu organisasi dan antara organisasi dan pelanggannya[3].
Customer Knowledge( CK) ialah semacam pengetahuan di zona customer relationship, yang secara langsung maupun tidak langsung pengaruhi pada kinerja organisasi[9]. Customer Knowledge Management yakni proses buat mengelola, identifikasi, akuisisi, dan konsumsi pengetahuan konsumen secara kolektif[9]. Oleh karena itu, dikala ini sudah banyak digital agency yang menawarkan jasa pembuatan company profile buat membantu mempromosikan industri secara digital.
Komentar
Posting Komentar